Rss Feed
  1. Neraka BorneoNeraka Borneo by Alfi Zachkyelle
    My rating: 2 of 5 stars

    Judul: Neraka Borneo
    Penulis: Alfi Zachkyelle (Story), Man (Mansyur Daman) (Penciller)
    Penerbit: Cendana Art Media
    Halaman: 120 halaman
    Terbitan: April 2013

    Sebagai seorang freelance film-maker, Jaka selalu siap menerima tawaran pekerjaan. Termasuk bergabung dalam sebuah tim ekspedisi yang membawa pada sebuah jalinan misteri alam yang mengerikan. Bersama timnya, Jaka harus menemukan faktor penyebab kecelakaan sebuah pesawat penumpang yang jatuh di atas pegunungan di Kalimantan. Jaka menghadapi sebuah petualangan yang fatal hingga timnya harus berkorban nyawa. Sebuah neraka di pedalaman Borneo.

    Review

    Hasil baca berdiri di Gramedia :p
    Kalau saya ingat-ingat lagi, dulu di Gramedia rasanya dilarang buat numpang baca (CMIIW). Senang juga aturan semacam itu sudah dihapus sekarang.

    Menurut saya cerita di komik ini kurang tergali. Jadi intinya adalah: sekelompok tim ekspedisi pergi menyelidiki kecelakaan pesawat di pedalaman Kalimantan. Di sana mereka mendapati hewan-hewan misterius, mayat hidup, surga tersembunyi, hingga asal mula manusia.

    Terdengar menarik? Memang, tapi eksekusinya kurang oke. Plotnya terasa buru-buru dan karakternya terasa dangkal, dan ada yang menurutku terkesan tempelan. Misalnya, di tim ini ada seorang ustad dan pastor yang turut serta. Apakah mereka memberikan suatu sudut pandang menarik, mengingat latar belakang agama mereka, pada misi ini? Menurut saya tidak. Mereka bisa digantikan juru kamera/juru suara dan tidak akan mengubah apapun. Selain itu karakter utamanya, Jaka, dan seorang dokter wanita yang ateis/agnostik tampaknya juga punya latar belakang yang bisa lebih digali. Hanya kayaknya mentok di jumlah halaman.

    Gambarnya bagus menurut saya, cuma kadang ekspresi wajah tokohnya kurang kena bagi saya.

    Secara keseluruhan, komik ini kurasa akan lebih baik kalau ditulis lebih panjang. Jumlah halamannya terlalu sedikit untuk menampung seluruh ide yang penulisnya miliki.


    View all my reviews


  2. 0 comments :

    Post a Comment