Rss Feed
  1. The Return of the King (Kembalinya Sang Raja)The Return of the King by J.R.R. Tolkien
    My rating: 5 of 5 stars

    Judul: The Return of the King (Lord of the Rings, #3)
    Penulis: J.R.R. Tolkien
    Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
    Halaman: 520 halaman
    Terbitan: Desember 2003

    Dalam pertempuran terakhir melawan pasukan raja kegelapan, korban-korban kembali berjatuhan. Gondor dikepung. Denethor kehilangan akal sehatnya. Bantuan dari Rohan terhambat oleh pertempuran di padang Pelennor. Theoden gugur dan Eomer mengambil alih kepemimpinan. Saat harapan hampir padam, datanglah rombongan kaum Dunedain yang dipimpin Aragorn, Gondor, Rohan, dan kaum Dunedain bersatu menggempur pasukan Mordor. Namun masih ada perjalanan menuju jantungnya Mordor, sebab cincin itu belum dimusnahkan. Cincin itu kini berada di tangan Gollum, yang sangat menginginkannya untuk dirinya sendiri.

    Review

    Woah, selesai juga petualangan saya bersama Frodo, Sam, Gandalf, dkk di Dunia Tengah. Secara keseluruhan, LOTR adalah satu perjalanan yang menyenangkan.

    Berbeda dengan 2 buku sebelumnya yang punya beberapa momen bikin ngantuk, buku ketiga ini jauh lebih menarik dan bikin saya pengin baca terus. Terbukti buku bantal satu ini bisa selesai dalam 1 hari.

    Saya suka dengan akhir ceritanya. Saya suka bagaimana setelah pertarungan selesai dan cincin dimusnahkan, cerita tidak langsung berakhir dengan semua orang bahagia. Cerita justru berlanjut dengan kisah keempat hobbit, Frodo, Sam, Merry, dan Pippin membersihkan Shire dari pengaruh Saruman. Adegan favorit di buku ini? Sama dengan adegan di filmnya (yang saya nonton terpotong-potong waktu diputar di TV), saya suka bagian Gollum jatuh sambil membawa cincin. Somehow saya merasa sedih padanya. Bagaimanapun menyebalkannya makhluk satu itu, tetap saja hidupnya menyedihkan sekali. Setidaknya dia mati sambil membawa "my precious".

    Masuk ke bagian Apendiks, saya cuma bisa menganga. Ajegile, lengkap amat. Dari sejarah dunia sampai silsilah keluarga, sampai ke sistem kalender dan bahasa, semuanya ada dibahas. Bahkan ke cara pengucapan bunyi-bunyi tertentu pun ada. Luar biasa.

    Ya, secara keseluruhan nilai serial LOTR ini, bagi saya, adalah: (3+3+5)/3= 11/3 = 3,67. Dibulatkan ke atas jadi 4 bintang.

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2013 Read Big Reading Challenge
    - 2013 Fantasy Reading Challenge
    - 2013 Finishing the Series Reading Challenge


    View all my reviews


  2. 1 comments :

    Post a Comment