Rss Feed
  1. Canting Cantiq (Kos-kosan Soda, #1)Canting Cantiq by Dyan Nuranindya
    My rating: 3 of 5 stars

    Judul: Canting Cantiq (Kos-Kosan Soda, #1)
    Penulis: Dyan Nuranindya
    Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
    Halaman: 208 halaman
    Terbitan: Juli 2009

    Melanie Adiwijoyo adalah putri tunggal pengusaha besar, Aryo Adiwijoyo. Dia terkenal akan selera fashion-nya yang bagus dan otaknya yang encer. Dia juga punya seorang pacar yang sangat dia sayangi. Pokoknya hidupnya sempurna deh.

    Sayang tidak ada yang sempurna di dunia ini. Hidup Melanie terjun bebas saat usaha ayahnya bangkrut. Dia harus pindah ke Jogja dan tinggal di sebuah kost-kostan aneh milik eyangnya, Eyang Santoso. Tambah lagi pacarnya meninggalkan dia dan jadian dengan temannya sendiri.

    Mampukah Melanie bertahan hidup di kost Soda124? Lalu bagaimana pertemuannya dengan Aryati Sastra, seorang desainer kebaya terkenal, mampu mengubah hidupnya?

    Review

    Novelnya Dyan Nuranindya pertama yang saya baca. Saya baru sadar kalau Dyan adalah pengarang novel "Dealova" yang terkenal itu.

    Saya cukup suka dengan ceritanya. Saya suka bagaimana Dyan mampu menggambarkan keajaiban anak-anak penghuni kost Soda124 dengan baik. Mereka aneh bukan sekedar karena ingin dibuat aneh oleh pengarangnya, tapi aneh karena memang memiliki latar belakangnya tersendiri. Misalkan Aiko yang cakep tapi terus-terusan pakai minyak telon. Dia bukan didesain begitu hanya supaya terlihat beda, tapi karena memang dia bertubuh lemah dan gampang sakit.

    Ceritanya sendiri cukup ringan dan penyelesaian permasalahannya menurut saya agak dipermudah. Maksud saya, si Melanie ini kan sebelumnya belum pernah menjahit atau pun mendesain. Apa iya dia bisa belajar desain dan menjahit dalam waktu yang begitu singkat? Bahkan sampai diberi kesempatan untuk melakukan fashion show-nya sendiri?

    Walau begitu, keseluruhan ceritanya cukup enak diikuti. Saya suka suasana di kost-kostannya dan juga pada kisah cinta antara Mel dan Bima, walau di bagian akhir ketika kebenaran tentang Bima terkuak, saya sedikit merasa, "Capek deh. Kenapa dia gak dibuat pengusaha muda biasa aja sih?"

    Buku ini untuk tantangan baca:
    - 2013 Membaca Sastra Indonesia
    - 2013 New Authors Reading Challenge
    - 2013 Indonesian Romance Reading Challenge

    View all my reviews

  2. 0 comments :

    Post a Comment